Enkapsulasi untuk Meningkatkan Keberhasilan Penanaman Benih Langsung di Alam

By 2:07 PM

Oleh

Ir. Edhi Sandra MSi


1.       Pemilik Esha Flora Plant and Tissue Culture

2.       Kepala Unit Kultur Jaringan Bagian Konservasi Tumbuhan Departemen Konservasi Sumberdaya hutan dan Ekowisata Fakultas Kehutanan IPB Bogor

3.       KepalaLaboratorium Bioteknologi Lingkungan PPLH IPB Bogor


Pendahuluan

1.     Indonesia terletak di daerah tropis,memiliki keanekaragaman hayati yang sangat beragam, dikenal dengan istilah“Mega Biodiversity”.
2.     Indonesia memiliki kondisi lingkunganyang sangat ideal dan baik bagi tumbuhnya mahluk hidup. Air berlimpah, sinarmatahari sepanjang tahun, musim yang baik bagi pertumbuhan mahluk hidup.
3.     Sayang, hanya karena kayu maka kitatelah merusak karunia Sang pencipta berupa “Hutan Hujan tropis Dataran Rendah”yang sangat indah, tempat berkumpulnya beranekaragam keanekaragaman hayatimulai dari tingkat yang rendah mikrobiologi sampai dengan mahluk tingkattinggi.
4.     Saat ini kita memilki puluhan jutahektar yang harus kita perbaiki, perlu dihijaukan agar kecantikan Hutan HujanTropis dataran Rendah dapat terwujud kembali dan memberikan kesejahteraan danketentraman bagi masyarakat Indonesia.
5.     Pertamina Foundation secara realmempelopori penanaman pohon secara besar-besaran. Semoga kedepannya Indonesiamenjadi lebih baik lagi.


Kendala Penanaman Pohon

            Pada saat menanam pohon satu duapohon maka belum adamasalah, akan tetapi kalau sudah berbicara menanam puluhan atau ribuan bahkanjutaan hektar maka jumlah pohon yang harus ditanam menjadi sangat besar.Masalah transportasi dalam mengangkut bibit dalam jumlah besar.  Mengantarkan bibit masing-masing ke lobangtanam yang telah direncanakan di alam tanpa akses jalan yang memadai merupakankendala yang tidak mudah.
            Penanaman pohon akan sangat terbantu seandainya dalammenanam pohon tersebut tidak perlu membawa bibit, tapi hanya membawa benih(biji pohon yang mau ditanam) maka akan lebih ringan dan praktis. Apakah halini dimungkinkan?


Penanaman Benih Secara Langsung di Alam

            Sebenarnya dibiarkanpun maka lingkungan akan berusahamemulihkan dirinya, kembalike kondisi semula. Proses ini disebut dengansuksesi. Proses perubahan komposisi dan dominasi vegetasi dari waktu-ke waktumengarah ke pada kondisi hutan klimaks.
            Indonesia dengan kondisi lingkungan yang baik bagipertumbuhan mahluk hidup, kaya terhdapa sumberdaya alam dan lingkungan, kayaair dan sinar matahari, maka tumbuhan dapat tumbuh dengan sendirinya.Perubahankomposisi dan dominasi merupakan perubahan dominasi yang berkaitan dengankarakter dari beranekaragam tumbuhan. Tahap awal dimulai tumbuhan pionir,diikuti dengan tumbuhan perintis, kemudian menjadi semak belukar, kemudianmulai ditumbuhi pohon-pohon yang tahan terhadap sinar matahari langsung danterakhir ditumbuhi dengan pohon-pohon yang tidak tahan terhadap sinar mataharilangsung, tumbuh di bawah naungan pohon lainnya, sampai terbentuknya hutanklimaks.
            Hutan Klimaks adalah hutan yang mencapai tingkatkeseimbangan yang terbaik, setiap individu memilki fungsi dan perannyamasing-masing tidak ada yang mendominasi, sangat intensif dan beragam, sangatdinamis dan efektif efisien.
            Jadi sebenarnya biji walaupun dibiarkan akan dapat tumbuhdengan baik di Indonesia. Lalu kenapa pada kenyataannya benih yang di tanam langsungdi alam banyak yang tidak dapat tumbuh dengan baik?  Sebenarnya bukan karena tidak dapat tumbuh,tapi disebabkan karena waktunya yang tidak tepat (berada pada tahapan suksesiyang tidak tepat)
            Dalam proses suksesi pohon adalah tahapan suksesi yang berikutnyasetelah semak belukar, keberadaan pohon pada akhirnya akan menekan eksistensisemak belukar, apalgi kalau ragam dan jumlah pohon sudah sangat rapat.
            Permasalahannya, pada tahap awal terbentuknya suksesikita ingin langsung menanam pohon maka sebanrnya kita melewati beberapa tahapsuksesi sebelum terbentuknya vegetasi pohon, yaitu tumbuhan pionir, tumbuhanperintis yang umumnya semak belukar, baru kemudian akan tumbuh pohon.


Kelebihan dan Kekurangan Penanaman Benih dan Bibit
Kelebihan Direct seeding /Penanaman Benih secara langsung di alam:
1.       Tarnsportasilebih murah
2.       Penanamanlebih praktis
3.       Biayalebih murah

Kekurangan Dicet seeding /Penanaman benih secara langsung di alam
1.       Peluangtumbuh lebih rendah tergantung kondisi lingkungan
2.       Titikkritis tumbuhnya benih lebih besar
3.       Faktorpenyebab matinya benih lebih banyak.

Kelebihan Penanaman bibit
1.      Lebih tahan terhadap fluktuasi kondisilingkungan, stress lingkungan
2.      Lebih tahan terhadap persaingan dengan gulma
3.      Peluang keberhasilan lebih tinggi.

Kekurangan Penanaman bibit
1.      Biaya pengangkutan yang tinggi
2.      Perlu penanganan yang lebih penjang
3.      Akses ke lokasi yang sulit 


PerananTeknologi Dalam Penanaman pohon

            Dengan berlandaskan pengetahuan, ilmu dan teknologi makapenanaman pohon dapat ditingkatkan keberhasilannya. Dengan adanya teknologomaka akan dapat dipahami dan diantisipasi berbagai permasalahan dalam menanampohon, seperti:
1.     Dormansi dan perkecambahan
2.     Unsur hara, nutrisi dan pertumbuhan& perkembangan pohon
3.     Teknologi hormon, pupuk organik danpupuk hayati.
4.     Teknologi hidroponik, verticulture,aeroponik, tissue culture
5.     Pemuliaan, Rekayasa genetik danpoliploid.


EnkapsulasiMeningkatkan Keberhasilan Penanaman pohon


            Enkapsulasi merupakan alternative menanam benih secaralangsung di alam agar dapat tumbuh dengan baik Enkapsulasi akan meningkatkan kemampuan dalam bersaing dengan tumbuhanlainnya. Enkapsulasi dapat meningkatkan daya tahan terhadap kondisilingkungan, 


DefinisiEnkapsulasi Dalam Hal Ini

1.     Membungkus benih agar dapat tumbuhdengan baik di alam. 

Ada2 kata kunci yang perlu dicermati yaitu “membungkus” dan “tumbuh (denganbaik)”. Membungkus dapat berbagai macam tujuan. Membungkus dengan tujuanmelindungi dari kondisi lingkungan yang terlalu keras, membungkus danmelengkapi dengan berbagai dukungan seperti cadangan makanan, dukungan untukpertumbuhan dan perkembangan, dukungan dalam mendapatkan air. Atau membungkusdengan tujuan agar dapat terlindungi sampai waktu tertentu yang kondisinyatidak terlalu keras, dan baik untuk pertumbuhan benih (waktu perkecambahan).

“Tumbuh(dengan baik)” berkaitan dengan kemampuan dalam bersiang dengan tumbuhan lain, ataumembekali dengan sesuatu yang dapat meningkatkan eksistensinya, sepertimembekalinya dengan hormone, pupuk slow realease (menyediakan makanan danminuman secara koninu pada saat masih tahap perkecambahan). Menyediakan kondisilingkungan dan iklim mikro yang memadai untuk tumbuhnya kecambah.

2.     Ragam bahan pembungkus yang disesuaikandengan tujuannya.

Dalampelaksanaannya dapat digunakan berbagai bahan pembungkus yang disesuaikandengan tujuannya. Bahan pembungkus dengan tujuan melengkapi kebutuhan hormone,vitamin, sumber energy dan nutrisi maka dapat digunakan gel, agar, faselin, putihtelur, karet, lilin, plastic wrap, getah, tanah liat.


Enkapsulasidan Isinya

Isi kapsul terdiri dari :
1.       Benihutama
2.       Zatpengisap air
3.       Hormon
4.       Mikoriza+ benih Puraria (ground cover, siklus pendek dan pertumbuhan cepat, regenerasi cepat  dan sumber awal siklus makanan dan menangkapP dari udara)
5.       Mikroba
6.       LumutKerak
7.       Sumberenergy Bisa direncanakan ketersediannya
8.       BahanOrganik slow realese (bisa direncanakan ketersediannya)
9.       Vitamindan nutrisi
10.   Pembungkus: agar, gel, plastic degradable, sagu, putih telur, tanah liat, getah, vaselin,


PemilihanBenih Utama

Prinsip-Prinsip Yang Perlu Diperhatikan

1.        Setiap Pohon (Tumbuhan) mempunyai karakteryang khas. Pilih karakter Pohon (tumbuhan yang sesuai dengan karakternya.
2.       Tumbuhan(Pohon) adalah individu yang dapat tumbuh “Tak terbatas” asalkan semuakebutuhannya  terpenuhi dengan baik.  Adanya “Meristem” pada tumbuhan sebagai dasarilmiah

 Karakter Pohon Yang baik untuk Lingkungan

1.       Memberikanmanfaat yang sebesar-besarnya bagi banyak mahluk
2.       Mempunyaipertumbuhan yang cepat, daya tahan yang tinggi terhadap kondisi ekstrim
3.       Mempunyaiumur yang panjang, ukuran yang besar (ukuran pohon yang mencapai strata 5) dandapat tumbuh ratusan bahkan ribuan tahun.
4.       JenisTumbuhan yang mempunyai akar gantung/akar napas dan bila sampai ke tanah dapatberperan sebagai akar baru yang dapat membantu penyerapan bahan makanan barudari tanah.

Manfaat Yang Sebesar-besarnya Bagi Manusia dan Lingkungan

1.        Manfaat untuk papan, pangan, sandang
2.        Manfaat sebagai sumber energy
3.        Manfaat bagi Ekosistem
4.        Manfaat bagi Peningkatan kualitas Lingkungan

Jenis –Jenis Yang Memiliki Daya Tahan yang Baik Terhadap Kondisilingkungan Secara umum dan memiliki Nilai Komersial

1.       Beringinkaret, Loa, Sukun, Timbul
2.       Kapuk,Baobab.
3.       Trembesi
4.       Mahoni
5.       Jabon,
6.       Matoa,Durian,
7.       Waru
8.       PohonKemerdekaan
9.       Kluwek(Pangium)
10.   Pohon-pohonHutan Tropis
11.   Gaharu,Cendana
12.   Meranti,Eboni, Ulin

Ragam Tujuan Enkapsulasi

1.       Hanyasekedar membekali benih dengan bekal yang memadai untuk tumbuh melewati bataskritisnya.
2.       Mengaturwaktu perkecambahannya dan membekali dengan bekal yang memadai untuk tumbuh
Ragam Kapsul atau pembungkus
                Agar,gel, putih telur, lilin, gula, sagu, lemak, vaselin, karet, tanah liat, plasticcair, plastic wrap, plastic kantong, kertas, kayu, besi, logam,  alumunium foil, lem aquarium, lem uhu,lumpur, lignin, sarang laba-laba, kapsul, salep, daun, serat, bahan sintetik,kertas saring, kulit, air, zat kimia, susu, getah, kitosan, dekstrin, ,gelatin, pati, gum, silicon.

MetodePembuatan Benih Terenkapsulasi

1.     Penentuan Benih yang akan ditanam, dansebaiknya yang memiliki nilai manfaat yang sangat besar.
2.     Penyeleksian benih yang memiliki tingkatperkecambahan yang tinggi dan viabilitas yang baik.
3.     Perencanaan tujuan enkapsulasi danpenentuan bekal yang perlu diberikan di dalamnya dan penentua jenispembungkusnya.
4.     Penambahan bekal nutrisi (dekastar,osmokot), sumber energi (gula 30 g/l), vitamin neurobion, asam amino, hormone(BAP 2 mg/l dan IBA 1,5 mg/l, GA3 1 mg/l). Ramuan ini dimasukkan dalam larutan1 liter dan di tambah agar 8 g.
5.     Penambahan zat yang dapat menyerap airdalam jumlah yang besar, penambahan mikroba, lumut dan benih-benih pionir(puraria, rumput-rumputan, boreria sp melastoma dan sebagai penggerak siklusekosistem, mikoriza, fusarium, bahkan telur dari makroba (telur, cacing, telurulat, telur rayap,
6.     Pembungkus yang melindungi daridehidrasi dan satwa pemangsa dan dari kondisi lingkungan.

Penutup

Indonesia memilikikondisi iklim yang baik untuk pertumbuhan pohon, dan memiliki keanekaragamanhayati yang tinggi.  Secara alami bijiatau benih dapat tumbuh dengan baik, akan lebih baik bila dibantu peluangpertumbuhannya sehingga persentase keberhasilan menjadi lebih tinggi.  Niat baik untuk menghijaukan bumi Indonesiaadalah niat yang mulia, mari kita samakan persepsi, misi dan visi untuk membuatIndonesia lebih hijau. Menabung Pohon adalah realisasi real yang telahdiprakarsai Pertamina Foundation, mari bersama-sama dengan niat suci, bersihdan ikhlas untuk membuat Indonesia sebagai surga dunia.




produk enkapsulasi benih sengon solomon yang telah di bungkus dengan gel/agar yang telah diberi sumber energi, vitamin, hormon dan asam amino. 
Produk enkapsulasi benih sengon solomon yang telah di bungkus dengan gel/agar yang telah diberi sumber energi, vitamin, hormon dan asam amino
 Pencetakan enkapsulasi benih sengon solomon 
Pencetakan enkapsulasi benih sengon solomon
 alat cetak enkapsulasi menggunakan cetakan. 
alat cetak enkapsulasi menggunakan cetakan
 Benih sengon solomon terenkapsulasi dapat dilengkapi dengan material yang dapat menyerap air tinggi, untuk mengantisipasi iklim kering 
Benih sengon solomon terenkapsulasi dapat dilengkapi dengan material yang dapat menyerap air tinggi, untuk mengantisipasi iklim kering
 Pemasangan benih terenkapsulasi dengan penambahan oase agar eksistensinya dan pekuang tumbuh di alam menjadi lebih besar 
Pemasangan benih terenkapsulasi dengan penambahan oase agar eksistensinya dan pekuang tumbuh di alam menjadi lebih besar
 contoh benih sengon solomon yang sudah diberi perlakuan enkapsulasi 
contoh benih sengon solomon yang sudah diberi perlakuan enkapsulasi
 ragamenkapsulasi dan oase penyerap air merupakan kesatuan kelengkapan untuk penanaman benih secara langsung di alam (direct seeding) 
ragam enkapsulasi dan oase penyerap air merupakan kesatuan kelengkapan untuk penanaman benih secara langsung di alam (direct seeding)
 ragam enkapsulasi dan penambahan oase 
ragam enkapsulasi dan penambahan oase
 enkapsulasi, oase dan pemberian plastik wrap untuk mengurangi dehidrasi air 
enkapsulasi, oase dan pemberian plastik wrap untuk mengurangi dehidrasi air
 perlengkapan pembuatan enkapsulasi 
perlengkapan pembuatan enkapsulasi
 Contoh benih sengon solomon yang sudah di enkapsulasi. 
Contoh benih sengon solomon yang sudah di enkapsulasi.

You Might Also Like

0 comments